Apa itu Pakaian APD dan Klasifikasinya

Definisi tentang APD
Pakaian APD didefinisikan sebagai pakaian pelindung yang biasa digunakan oleh petugas Kesehatan seperti dokter, perawat, petugas kesehatan masyarakat, dll. Fungsi dan pakaian APD adalah untuk memfilter dan mencegah kuman untuk melakukan penetrasi kedalam organ tubuh manusia dan berkembang biak, hingga menimbulkan sakit penyakit.


Perkembangan pakaiaan APD
Pada awalnya, pakaian APD dikenakan 100 tahun lalu untuk mencegah kuman masuk ke tubuh dokter dan perawat. Pakaian APD pun mulai sering digunakan saat menjalankan operasi. Pada tahun 1952, William C. Beck mencetuskan bahwa pakaian APD, khususnya surgical gown harus resistan terhadap cairan, untuk mencegah pathogen yang menular lewat cairan.  Selama Perang Dunia II, militer AS mengembangkan kain tenunan tinggi padat yang terbuat dari senyawa karbon fluorida dan benzene. Hal ini dilakukan agar pakaian APD tahan terhadap cairan. Setelah perang dunia II berakhir, surgical gown banyak yang tahan cairan.
Sejak tahun 1980-an, dengan berkembangnya virus yang ditularkan lewat cairan tubuh, seperti HIV, HBV dan HCV. Masyarakat mulai khawatir tentang kesehatan tenaga medis yang menangani pasien positif penyakit tersebut; pakaian APD mulai dibuat sesuai dengan kebutuhan yang disesuaikan oleh profesi medis tersebut.

Klasifikasi pakaian APD:

1. Sesuai dengan kegunaan
Pakaiaan APD bisa digunakan sebagai pakaiaan kerja sehari hari, pakaian bedah, pakaian isolasi diri dan pakaian pelindung. Pakaian kerja medis  biasa dipakai oleh  pekerja medis dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, pakaian ini biasa disebut sebagai mantel putih. Gaun bedah hanya digunakan oleh petugas medis yang melakukan operasi. Gaun Isolasi digunakan oleh staf medis yang menangani pasien. Pakaian pelindung mengacu kepada pakaian yang dikenakan oleh orang-orang di area darurat pertolongan pertama dan area radiasi elektromagnetik.
          2.  Sesuai masa kegunaannya
Standar untuk masa penggunaan pakaiaan APD adalah sekali pakai, menurut standar industri YY / T 0506-2016 dan diresmikan 1 Januari 2017. Pakaiaan APD siap dibuang setelah sekali pakai tanpa perlu dicuci. Surgical gown sangat praktis dan nyaman untuk digunakan sehari-hari dan efektif untuk melindungi pekerja medis dari infeksi silang. Namun pengguna harus memperhatikan cara pembuangannya karena dapat mencemarkan lingkungan.
      3.  Klasifikasi sesuai bahan
Setiap pakaiaan APD berbahan kain. Bahan tenun memiliki kepadatan tinggi dan terbuat dengan campuran serat sintetis dan poliyester sehingga nyaman untuk dipakai sehari hari. Serat dengan kepadatan tinggi memiliki pori-pori kecil sehingga tahan air dan mempunyai aliran udara yang baik, sehingga pengguna tetap nyaman walaupun seharian di ruang operasi.

Sebagai tambahan informasi, pakaian APD juga dibuat sesuai kegunaannya. Adapun berbagai jenis pakaian APD sesuai dengan kegunaannya yaitu :

1. Pakaian pelindung kimia adalah pakaian pelindung yang dikenakan saat pengguna bekerja di lingkungan yang melibatkan zat kimia korosif. Pakaian pelindung digunakan untuk melindungi pemakainya dari bahaya bahan kimia yang bersifat korosif.

                                                        Source gambar : safetysignindonesia.id

      2. Pakaian pelindung radiasi elektromagnetik mengandung bahan serat konduktif agar pengguna tidak mengalami listrik statis. Pakaiaan ini juga dapat melindungi pengguna dari gelombang elektromagnetik dalam kisaran 100kHz hingga 300GHz, sangat cocok untuk digunakan oleh tenaga electromagnetic RS.


     3. Pakaian pelindung nuklir dan radiasi sangat cocok digunakan dalam lingkungan radiasi nuklir ( sinar alpha dan beta). Memiliki fungsi untuk pengguna yang berkerja dilingkungan radioaktif dan dapat melindungi pengguna  dari 150 jenis gas bersifat beracun dan korosif. Pakaiaan ini juga dapat 100% memblokir partikel kering diatas 0,2μm.

Karena wabah virus corona saat ini, tenaga medis di Indonesia yang menangani pasien terinfeksi virus corona seringkali kekurangan pakaian APD dan berisiko tertular. Oleh karena itu PT. Shan Hai Map juga menjadi supplier untuk kebutuhan pakaian APD yang berguna untuk tenaga medis di Indonesia maupun anda yang membutuhkan perlengkapan APD lainnya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Audrey (0817-499-1995).

Gambar di atas merupakan Sistem Order kami Uchannel https://uchannel.yonyoucloud.com/

Pemilihan produk APD juga di seleksi oleh PT. Shan Hai Map, produk-produk dengan standarisasi yang baik dan bersertifikat asli dipilih sebagai partner kami untuk menyediakan APD yang layak bagai masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah pabrik asal China yaitu Anhui Honren Medical Device.Co.Ltd.


Comments

Popular posts from this blog

KN95 Bisa Menjadi Pengganti N95 untuk Tenaga Medis

Perbedaan Antara Pakaian APD Medis dan APD Gaun Isolasi